Hubungan Tingkat Religiusitas terhadap Kecemasan Moral dan Alternatif Pembinaan Moral pada Kenakalan Siswa
Abstract
Abstrak
Remaja sebagai penerus bangsa Indonesia telah mendapatkan ekspetaksi tinggi dari masyarakat dalam perilaku bermoral. Berbagai tantangan yang dihadapi remaja saat ini bisa dapat menjerumuskan remaja dalam perilaku tidak bermoral. Perilaku bermoral remaja dilandasi dengan kecemasan moral remaja yakni adanya rasa tertuduh secara pribadi setiap kali remaja melakukan pelanggaran. Kecemasan rmoral remaja dipengaruhi oleh tingkat religiusitas remaja, jika remaja dengan religiusitas sedang cenderung tinggi akan memiliki kecemasan moral yang tinggi pula. Untuk mendapatkan remaja dengan religiusitas dan kecemasan moral yang baik perlu alternatif pembinaan moral terhadap kenakalan remaja. Alternatif pembinaan moral dilaksanakan melalui penanaman karakter keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang mahaesa. Selain itu perlu pelibatan guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sebagai konselor dan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka yang dapat membentuk karakter positif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Noorwindhi Kartika dan Saragih, Sahat. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Perilaku Prososial Remaja di SMP Santa Ursula Jakarta.” Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 3, No. 03 September, 2014, 253 – 268.
Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, ISSN : 2621 – 8151, Vol 2. No. 1, Karanganyar: STT Tawangmangu, Juni, 2019.
Hall, Calvin S, & Lindzey, Gardner. Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). Cetakan ke 18. Yogyakarta: Kanisius, 2009.
Indriani, Eva. “Modernisasi dan Degradasi Moral Remaja (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung Kab. Lampung Selatan).” Universitas Islam Negeri Raden Intan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Lampung, 2019. Skripsi Sosiologi Agama.
Ningrum, Diah. Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. UNISIA, Vol. XXXVII, No. 82 Januari 2015.
Maisaroh, Ekka Nur.; Falah, Falassifatul. “Religiusitas Dan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional (UN) Pada Siswa Madrasah Aliyah.” Jurnal Proyeksi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Fakultas Psikologi, ISSN : 1907-8455, Vol. 6 (2), 2011, 77-88.
Mirdanda, Arsyi. Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalimantan Barat: PGRI Kalimantan Barat, 2019
Purnoyudho, Bayu. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Dan Prestasi Siswa Kelas XI SMA II Nur Hidayah Sukoharjo.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2018, Skripsi.
Rahmawati, Dewi.; Yuniar, Nani.; Suriani, Cece. “Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Seks Pranikah Mahasiswa Kos-kosan di Kelurahan Lalolara Tahun 2016.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo: Fakultas Kesehatan Masyarakat, ISSN: 250-731X, Vol. 2, NO.5, Januari 2017.
Reza, Iredho Fani. “Hubungan Antara Religiusitas Dengan Moral Pada Remaja di Madrasyah Aliyah (MA).” Jurnal Ilmiah Humanitas, Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah, Vol. X No. 2, Agustus 2013.
Rohmatin, Ummu. “Pembinaan Moral Sebagai Alternatif Terhadap Kenakalan Siswa di SMPN 1 Singosari.” Universitas Islam Negeri, Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Malang, 2008. Skripsi Pendidikan Agama Islam.
Safithry, Esty Aryani. Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. Malang: CV IRDH, 2018.
Satriani, “Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Kecemasan Moral Mahasiswa Ushuluddin.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Psikologi, 2011. Skripsi.
Silaban, Diana Rotua. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-XI Di SMA Negeri 48 Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: Regula Fidei, ISSN 2502-8030, Volume 3, Nomor 1, Maret 2018.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA, 2013.
Sumara, Dadan.; Humaedi, Sahadi.; Santoso, Meilanny Budiarti. “Kenakalan Remaja dan Penanggangannya.” Jurnal Penelitian dan PPM, ISSN: 2442-448X, Vol. 4. No. 2, Juli, 2017, 129 – 389.
Tafonao, Talizaro. “Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digital.” Yogyakarta: STT Kadesi, Jurnal Bijak, ISSN : 2599 – 011X, Vol. 2, No. 1, November 2018.
Toyibah, Rizki. “Program Pembinaan Imtaq (Iman dan Taqwa) Untuk Membangun Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X di MAN Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta.” Yogyakarta, Universitas Negeri Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Skripsi.
Wardhana, Agung Kusuma. “Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kecemasan Moral Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Psikologi, 2018. Skripsi.
DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v3i2.63
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:
Printed ISSN: 2655-6871
Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.
View GD Stats