Peran Media Komik Alkitab dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Murid Sekolah Minggu
Abstract
The study was conducted in Sabtu Ceria GPdI Betania, Buduran, Sidoarjo to investigate the role of Biblical Comic media in the learning process to improve storytelling skills. Biblical Comic media is essential to improving Sunday School students' storytelling skills. The research objective is achieved by using compare mean analysis Paired T-test. Instrument or measuring instruments used in collecting the data in this study is an observation before using Biblical Comic. This study used a total sampling of 32 Sunday School students. The results showed that there are significantly improve storytelling skills Sunday School student after used Biblical Comic media. Suggested Pastor and Sunday School Teachers in Ibadah Sabtu Ceria GPdI Betania, Buduran, Sidoarjo more innovate using Biblical Media to improve Sunday School students' storytelling skills Ibadah Sabtu Ceria GPdI Betania, Buduran, Sidoarjo.
Abstrak
Penelitian dilakukan di GPdI Betania, Buduran, Sidoarjo, dengan tujuan untuk meneliti peranan media komik Alkitab dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bercerita murid Sekolah Minggu. Hal ini mengingat penggunaan komik Alkitab merupakan sarana bantu yang penting dalam peningkatan keterampilan bercerita murid Sekolah Minggu. Tujuan penelitian dicapai dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji beda Paired T-test. Instrumen yang dipergunakan untuk mendapatkan data dalam studi ini ialah observasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 32 murid Sekolah Minggu, yang ditentukan dengan memakai metode total sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan Media Komik Alkitab sangat efektif dalam membantu murid untuk lebih memudahkan dalam bercerita sesuai dengan materi yang ada. Disarankan agar guru Sekolah Minggu di ibadah Sabtu ceria GPdI Betania, Buduran, Sidoarjo dapat lebih inovatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan bercerita murid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ajidarma, S. G. 2011. Panji Tengkorak: Kebudayaan dalam Perbincangan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia
Sudjana, N. & A. Rivai. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Handayani, Puji. 2008. Komik Indonesia sebagai Media Komunikasi Alternatif dalam Menyampaikan Informasi Ilmiah. Forum Penelitian: Jurnal Teori dan Praktek Penelitian.Tahun XX. Nomor 1.
Ranang. A.S. 2010. Animasi kartun : dari analog sampai digital. Jakarta: Indeks
Lestari, S. 2009. Media Komik (Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2012).
Jatiningtyas, A. 2008. Aspek Pendidikan Moral dalam Buku Cerita Anak. Yogyakarta: IKIP.
Sigit. S. 2009, Creative Advertising, Jakarta : Penerbit PT Gramedia
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Jogiyanto, H. 2007. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 5, BPFE, Yogyakarta
Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Daryanto. H. 2005. Evaluasi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Harjanto. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Menulis secara Populer.
DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v4i1.108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:
Printed ISSN: 2655-6871
Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.
View GD Stats