Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta

Tanto Kristiono, Deo Putra Perdana

Abstract


Children will later continue the baton of church service. They will be responsible for the condition of the church in the future. Sunday schools are present as church institutions to prepare them to become candidates for church leaders. The Church needs people who are willing to become Sunday school teachers. The fact is that it is not easy to become a Sunday school teacher, they must understand and learn about the various competencies that must be possessed to become a good teacher and servant of God. This study was conducted to obtain empirical evidence about the effect of teacher barriers on the motivation for Sunday school services in Jebres Javanese Christian Church Surakarta. The population in this study were GKJ Jebres Surakarta Sunday school teachers, totaling 20 people. In the study used data collection techniques that are considered suitable, namely questionnaire (questionnaire). In this study, the independent variables are barriers to Sunday school teachers, while the dependent variable is the motivation of Sunday school services at GKJ Jebres Surakarta. The collected data will be analyzed using correlation test and simple regression analysis at a significance level of 5%. The results showed that there was a very strong correlation between the obstacles of Sunday school teachers and the motivation of Sunday school services in Jebres Javanese Christian Church. The results also show that the constraints of Sunday school teachers have a significant effect on the motivation of Sunday school services in Jebres Javanese Christian Church.


Abstrak
Anak-anak nantinya akan meneruskan tongkat estafet pelayanan gereja. Merekalah yang akan bertanggung jawab dengan kondisi gereja di masa mendatang. Sekolah minggu hadir sebagai lembaga gereja guna mempersiapkan mereka untuk menjadi calon pemimpin gereja. Gereja membutuhkan orang-orang yang bersedia menjadi guru sekolah minggu. Faktanya tidak mudah untuk menjadi seorang guru sekolah minggu, mereka harus memahami dan belajar tentang berbagai kompetensi yang harus dimiliki untuk menjadi seorang guru sekaligus pelayan Tuhan yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh hambatan-hambatan guru terhadap motivasi pelayanan sekolah minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah minggu GKJ Jebres Surakarta yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian digunakan tehnik pengumpulan data yang dianggap cocok, yakni angket (kuesioner). Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah hambatan-hambatan guru sekolah Minggu, sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah motivasi pelayanan sekolah Minggu di GKJ Jebres Surakarta. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan uji korelasi dan analisis regresi sederhana pada tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat sekali antara hambatan-hambatan guru sekolah Minggu dengan motivasi pelayanan sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hambatan-hambatan guru sekolah Minggu berpengaruh signifikan terhadap motivasi pelayanan sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres.

Full Text:

PDF

References


Stephen Tong, 2008, Arsitek Jiwa I, Surabaya : Momentum Christian Literature.

LAI, 2011, Alkitab, Jakarta : Lembaga Alkitab Indonesia.

Tim Penyusun, 2008, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Bahasa DepDikNas.

Sardiman A.M, 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta : Rajawali Pers.

Sinode GKJ, 2005, Tata Gereja dan Tata Laksana Gereja Kristen Jawa, Salatiga : Sinode GKJ

Nana Syaodih Sukmadinata, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry, 2010, Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung : PT Refika Aditama.

Janawi, 2012, Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung : Alfabeta.

Stephen Tong, 2008, Arsitek Jiwa II, Surabaya : Momentum Christian Literature.

Agustina Wijayani, 2011, 100 Tips Mengajar Sekolah Minggu,Yogyakarta : Footprints Publishing

Agustina Wijayani, 2007, Loving Kids Like Jesus, Refleksi Sederhana tentang Susah Indahnya Mengajar Sekolah Minggu, Yogyakarta : Gloria Graffa.

Leatha Humes dan A. Lieke Simanjuntak, 1998, Penuntun Guru PAK, Sekolah Minggu dan Sekolah Dasar 1 dan 2, Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Sutanto Leo, 2013, Kiat Sukses Mengelola dan Mengajar Sekolah Minggu, Yogyakarta : ANDI

Mavis L.Anderson, 2003, Pola Mengajar Sekolah Minggu, Bandung : Yayasan Kalam Hidup.

AGLC. Teaching Ministries Accra – Ghana, 2002, Pola Dasar Perkembangan Sekolah Minggu, Malang : Gandum Mas.

H. Kreamer, 1981, Theologia Kaum Awam, Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Freederick K.C. Price, 1993, Saran-Saran Praktis untuk Pelayanan yang Berhasil, Jakarta : YPI Immanuel.

D.R. Maitimoe, 1955, Asal Mula dan Perkembangan Pekerdjaan Sekolah Minggu dan Kebaktian Anak-Anak, Jakarta : Seksi Sekolah Minggu Kebaktian Anak-Anak Dewan Geredja-Geredja Di Indonesia.

S. Situmorang dkk, 1994, Pedoman Pembinaan Sekolah Minggu, Jakarta : Proyek Bimbinngan dan Da’wah Agama Protestan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Kristen Protestan Departemen Agama.

Andi Arifianto, 2014, Sekolah Mingguku Luar Biasa, Yogyakarta : ANDI.

Tim Penyusun Majelis, 2006, Penahbisan Pendeta GKJ Jebres Surakarta, Surakarta : Surya Offset.

E.Mulyasa, 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Martin dan Deidre Bobgan, 1996, Bimbingan Berdasarkan Firman Allah, Bandung : Yayasan Kalam Hidup.

Koentjaraningrat, 1996, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Moh. Nazir, 1988, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Husein Umar, 2001, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1989, Metode Penelitian Survei, Jakarta : LP3ES.

Sumanto, 2002, Pembahasan Terpadu STATISTIKA dan METODELOGI RISET Buku 1, Yogyakarta : ANDI.

Saryono, 2008, Metodologi Penelitian Kesehatan; Penuntun Praktis Bagi Pemula, Yogyakarta : Mitra Cendikia.

Sumanto, 1990, Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta : ANDI.

Agus Eko Sujianto, 2009, Aplikasi Statistik dengan SPSS 16, Jakarta : PT Prestasi Pustaka.

Diktat, Mata Kuliah Metodologi Penelitian, oleh Suwitadi Kusumodilogo.

http://brainly.co.id/tugas/96538 diakses 10 Juni 2015

www.salib.net/News/article/sid=143.html diakses 20 Juni 2015




DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.

JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:

Online ISSN: 2655-6863

Printed ISSN: 2655-6871 

Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.

View GD Stats